Sunday, April 9, 2017

Selama 17 Tahun Lamanya,Tol Tanjung Priok Akhirnya Selesai



Proyek pembangunan jalan Tol Akses Tanjung Priok sudah selesai 100%. Jalan Tol sepanjang 11,4 km ini sudah diresmikan dan siap digunakan.

Akan tetapi, siapa sangka kalau proses pembangunan jalan Tol akses Tanjung Priok ternyata di mulai perencanaan hingga selesai memakan waktu hingga 17 tahun. Hal itu dijelaskan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat/PUPR Basuki Hadimuljono.

Ini perencanaannya mulai dari tahun 2000. Saat itu sudah dilakukan persiapan, ucap Basuki.

Setelah melakukan pembahasan dan proses desain yang memakan waktu bertahun-tahun akhirnya di 2008 proses konstruktuksi baru bisa dilaksanakan.

Kontraktor pelaksanaan dari proyek jalan Tol Akses Tanjung Priok ini bekerja sama dengan KSO (Kerja Sama Operasi) Indonesia dan Jepang, diantaranya ada, Obayashi Corporation, Kajima Corporation, PT Waskita Karya Tbk dan PT Wijaya Karya Tbk.



Pembangunan ini juga dibagi menjadi 5 bagian, diantaranya ada bagian E-1 Rorotan-Cilincing sepanjang 3,4 km. bagian ini telah selesai dibuat sejak Juli 2010 dengan masa kontruksi selama 18 bulan.

Lalu kontruksi ke dua, E-2 Cilincing -Jampea sepanjang 2,74 km hampir memakan waktu 65 bulan, seksi E-2A Cilincing-Simpang Jampea sepanjang 1,92 km memakan waktu 59 bulan, seksi NS Link Yos Sudarsi-Simpang Jampea sepanjang 2,24 km selama 34 bulan dan seksi NS Direct Ramp 1,1 km memakan waktu 24 bulan.

Seluruh pembangunan Tol Akses Tanjung Priok ini akhirnya selesai. Sekarang para kontraktor tinggal menunggu waktu pemerintah untuk meresmikannya. Semua sudah selesai, jadi 17 tahun lamanya untuk bisa  menggunakan jalan tol ini, sambung Basuki

No comments:

Post a Comment