Sunday, April 23, 2017

17 Kapal Besar akan Bersandar di Tanjung Priok



Pada hari ini, Perusahaan pelayaran asal Perancis, Compagnie Maritime d'Affretement-Compagnie Generali Maritime (CMA-CGM) resmi membuka pelayanan kapal yang mengantar peti kemas dengan rute Tanjung Priok ke West Coast (La & Oakland) Amerika Serikat.

CMA-CGM telah menyediakan 17 kapal atas rute tersebut dengan sistem Weekly call atau sandar setiap minggu secara rutin. Semua kapal tersebut merupakan kapal raksasa dengan kapasitas yang sangat besar. Seperti pelayanan resmi hari ini dilakukan dengan kapal CMA-CGM Otello berkapasitas 8.238 TEUs.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyambut bail hal tersebut. Menurutnya kapal raksasa yang berhenti di dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) telah membuktikan bahwa Tanjung Priok merupakan pelubahan yang bisa bersaing dengan negara lain.

Lihat saja ada 17 kapal besar yang akan datang ke Indonesia dan menjadi bagian dari kapal-kapal di Tanjung Priok, ungkapnya.



Seluruh kapal besar itu nantinya akan melakukan pelayanan jasa angkutan peti kemas yang memiliki rute Jakarta--Thailand-Cai Mep-Los Angeles-Oakland.

Sementara itu, kapal CMA-CGM Otello yang datang hari ini telah melakukan pembongkaran sebesar 844 TEUs dan memuat 1.967 TEUs. Dengan begitu, total semua bongkaran dari kapal tersebut mencapai 2.811 TEUs.

Isi dari peti kemas yang akan berangkat pertama kalinya yakni, barang-barang ekspor nasional seperti produk garmen, kertas, dan furniture.

No comments:

Post a Comment