Tuesday, April 4, 2017

Anak Pembobol Penjualan Tiket Online



Pelaku pembobolan tiket online PT Global Networking, Haikal (19), merupakan lulusan SMP. Haikal yang hanya belajar sendiri hingga bisa meretas ribuan situs online.

Akan tetapi, dari tim forensik kacamata digital Ruby Alamsyah mengatakan, apa yang dia lakukan saat ini masih dianggap masih tidak terlalu sulit. Ruby mengatakan aksi Haikal itu masih tergolong nekat.

Menurut saya ini sudah sangat jelas, kalau kami lihat sebagai praktisi security ini hanya ekor biasa saja. Sepegentahuan yang banyak di dunia maya lalu ada tulisannya juga ada, semuanya tersedia. Masalahnya adalah banyak di Indonesia yang bisa melakukan ini, hanya tinggal masalahnya yang nekat siapa. Nah kebetulan kelompok ini yang nekat, ucap Ruby.

Sebelumnya, Direktorat Siber Bareskrim mengjelaskan kelompok hacker itu. Haikal selaku pelaku utamanya dikatakan sudah meretas 4.600 situs, termasuk situ Polri.

Dia (Haikal) hanya belajar sendiri. Dia berhasil membobol 4.600 situs. Di antaranya adalah situs Polri, pemerintah pusat dan daerah, situs ojek online dan ada beberapa situ di luar negeri, ucap Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto.

No comments:

Post a Comment