Monday, April 24, 2017

Korut Kembali Blokir Facebook dan Twitter



Media sosial kembali menyorot perhatian pemerintah Korut. Korea Utara secara resmi mengumumkan telah memblokir akses Facebook dan Twitter.

Negara yang dikenal tertutup dari dunia luar ini membatasi akses internet bagi sebagian warganya.

Saat ini ada sekitar dua juga pengguna sosmed di Korea Utara, namun akses internet hanya diperuntukkan bagi kalangan tertentu, seperti pejabar pemerintahan, mereka yang mempunyai jabatan tinggi, dan para pengunjung dari luar Korea Utara.

Dengan adanya larangan tersebut, akan semakin membuat Korea Utara tertutup. Mereka yang berkunjung ke korut juga akan sulit berbagi foto atau informasi mengenai apa yang akan terjadi di negara tersebut.

Apalagi, Koryolink adalah salah satunya operator telekomunikasi di Korea Utara, sepertinya juga harus ikut aturan. Sosial media seperti Instagram tidak bisa diakses melalui jaringan tersebut. Koryolink juga sebelumnya bisa mengakses internet mobile bagi warga asing pada 2013.

Wartawan media melaporkan bahwa Korut juga berencana memblokir akses YouTube, sejumlah situ perjudian dan situs dewasa.

Ancaman yang mengintai, bagi siapa saja yang berusaha mengakses situs-situs yang diblokir dan yang membagi informasi bernada anti pemerintahan, akan dikenai sanksi serius. Akan tetapi tidak dijelaskan sanksi apa yang akan diberlakukan pemerintah setempat.

No comments:

Post a Comment