Wednesday, April 26, 2017

China Umumkan Kapal Induk Buatan Sendiri



Kapal induk pertama yang dibuat oleh China dipamerkan hari ini. Belum diberi nama, ini adalah kapal induk kedua yang dimiliki oleh militer China, tapi menjadi yang pertama dibuat sendiri.

China yang pertama kali memberitahukan konstruksi kapal induk baru ini pada Desember 2015 dan dikabarkan didesain secara independen di China.

Memang secara teknologi, kapan ini dinilai masih tertinggal dari kapal induk AS atau Rusia. Akan tetapi sepertinya hanya menjadi pijakan sebelum membuat kapal induk China generasi selanjutnya yang lebih canggih lagi.

Ini hanya didesain agar Negeri Tirai Bambu ikut dalam permainan kapal induk di mana yang selanjutnya, yang mungkin bisa saja terjadi dalam proses kontruksi, akan bisa mengejar kapal induk buatan AS, ucap Sam Roggeveen, pengamat dari Lowy Institute.

Meski sudah diumumkan, bukan berarti kapal itu bisa langsung dioperasikan. Diperkirakan baru bisa dipergunakan oleh militer China tahun 2020.

Kapal induk tersebut dirancang supaya  bisa mengangkut sampai 24 jet tempur Shenyang j-15 buatan China dan juga 12 helikopter.

Waktu pembuatannya sekitar 4 tahun, Meskipun masih baru diumumkan pembuatannya tahun 2015, kontruksi telah dimulai pembuatan pada tahun 2013.

Kapal Induk Cina itu lagi bernama Liaoning, dibeli dari Ukraina pada tahun 1998
setelah diperbaiki, baru bisa dioperasikan tahun 2012.

No comments:

Post a Comment