Tuesday, May 30, 2017

Megawati Dipercaya Presiden Korsel Untuk Satukan Korea



Presiden ke 5 RI Megawati Soekarnoputri telah bertemu dengan Presiden Korea Selatan, Seoul pada Senin (29/5) kemarin. Keduanya membahas tentang hubungan kedua negara Indonesia - Korea Selatan.

Presiden Korsel Moon Jae In menyampaikan harapan besarnya untuk mengambil peran penting dalam proses reunifikasi antara Korea Selatan dan Korea Utara.

Ketika saya menjabat jadi presiden, yang menjabat menjadi presiden Korea Selatan adalah Kim Dae Jung. Beliau adalah seorang yang sangat ingin menyatukan Utara dan Selatan, ucap Megawati.

Bahkan ketika Kim Dae Jung digantikan Roh Moon Hyeun, saya diminta menjadi special envoy untuk reunifikasi kedua negara, sambungnya.

Megawati Soekarnoputri menjelaskan, dirinya telah mendorong Moon Jae In dalam usaha proses reunifikasi Korea Selatan dan Korea Utara. Sementara itu langkah yang akan diambil Megawati dalam upaya tersebut belum bisa dipastikan.

Keterlibatan dan perhatian yang terkait isu Korea sejak lama ini yang mungkin akan mendorong Moon agar saya kembali terlibat dalam reunifikasi kedua negara, ucap Megawati.

Usai bertemu dengan Presiden Korea Selatan, Megawati melanjutkan agenda menuju Pulau Jeju untuk menghadiri Jeju Forum for eace and Prosperity yang akan dimulai 31 Mei hingga 2 Juni 2017. Dalam acara tersebut, Megawati dipercaya menjadi salah satu pembicara kunci yang dihadiri oleh 5.000 politisi.

Dalam forum tahunan itu, rencanannya Megawati juga akan bertemu dengan mantan wakil Presiden Amerika Serikat, Al Gore.

No comments:

Post a Comment