Monday, May 8, 2017

Bunga Kartu Kredit Turun, Tagihan Nasabah Makin Ringan



Bulan Juni mendatang, bunga kartu kredit akan dibatasi menjadi 2,25% per bulan dan 26,95% pertahun. Saat ini bunga kartu kredit masih 2,95% perbulan dan 35,4% per tahun.

Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) menyebutkan ada beberapa keuntungan yang didapatkan untuk nasabah kartu kredit antara lain yaitu cicilan tagihan pengguna akan lebih ringan.

Jadi untuk para konsumen yang membayar tagihan dengan cicilan akan menjadi lebih ringan, karena bunganya lebih rendah, ucap General Manager AKKI Steve Marta.

Namun, penurunan bunga ini tidak berlaku untuk nasabah yang menggunakan kartu kredit tapi membayar tagihan secara penuh. Contohnya, si A memiliki tagihan kartu kredit Rp 2juta. Kemudian saat jatuh tempo dia membayar penuh tagihan sebesar Rp 2juta.

Itu tidak akan berpengaruh kepada nasabah, karena yang dibayar itu langsung penuh, tidak terkena bunga, ucap Steve.

Contoh berikutnya, B memiliki tagihan Rp 1,5 juta. Kemudian saat jatuh tempo dia hanya melakukan pembayaran minimum Rp 500 ribu. Sisa Rp 1 juta inilah yang akan dikenakan bunga 2,25%. Yang artinya bulan depan B akan mendapatkan tagihan Rp 1.022.500 yang terdiri dari Rp 1 juta untuk sisa tagihan bulan lalu dan Rp 22.500 adalah bunga yang dikenakan untuk cicilan.

Jumlah ini masih di luar biaya materai yang dikeluarkan oleh bank.

Para pengguna kartu kredit yang modal si B ini akan merasakan manfaat langsung turunnya bunga kartu kredit bulan depan.

No comments:

Post a Comment