Sunday, June 4, 2017

Negara Saudi dan Bahrain Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Qatar



Pemerintah pusat Arab Saudi dan Bahrain hari ini telah memutuskan hubungan diplomatik dan semua kontak darat, laut dan udara dengan negara Qatar. Alasannya adalah  langkah untuk melindungi Arab Saudi dari apa yang disebutkan sebagai terorisme dan ekstremisme.

Kantor berita Saudi melaporkan bahwa pemerintah Arab Saudi telah memutuskan hubungan diplomatik dan konsuler dengan Qatar sebagai pelaksanaan hak berdaulatnya yang dijamin oleh hukum internasional dan perlindungan keamanan nasional dari bahaya terorisme dan ekstremisme.

Laporan dari situs resmi Saudi, semua kontak darat, laut dan udara dengan Qatar juga dihentikan. Saudi juga mendesak agar semua negara-negara bersaudara dan perusahaan untuk melakukan hal yang sama.

Selain Saudi, Bahrain juga melakukan hal yang sama. Bahrain memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar, dengan menudingnya telah mendukung terorisme dan mencampuri urusan dalam negeri Bahrain.

Dalam catatan singkat di kantor berita resmi Bahrain, dikatakan Bahrain adalah sekutu erat Saudi, dan juga memutus kontrak udara laut dengan qatar. Pemerintah Bahrain juga memberi waktu 14 hari bagi warga negaranya yang di Qatar untuk pergi dari negara itu.

No comments:

Post a Comment